Kamis, 26 November 2020

GABUNGAN FUNGSI IF (LEFT || MID || RIGHT)

 

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi pada Microsoft Excell yang menentukan suatu kondisi True atau False. Sedangkan LEFT, MID dan RIGHT  merupakan suatu fungsi pada Microsoft Excell untuk mengambil Sebagian Teks pada Cell Microsoft Excell yang menghasilkan tipe data karakter atau Teks.

Fungsi mengambil Sebagian teks ada 3 :

1.       LEFT : Untuk mengambil sebagian teks atau beberapa karakter dari sebelah kiri teks kea rah kanan dengan rumus  =LEFT(TEXT;[NUM_CHARS)

Keterangan :

-          LEFT : Nama fungsi ExcelL.

-          TEXT : Merupakan Teks baik yang diketik langsung, referensi sel, maupun teks hasil sebuah rumus excel yang ingin kita ambil sebagian karakternya dari sebelah kiri.

-          NUM_CHARS : Jumlah karakter yang akan diambil dari arah kiri ke kanan.

 

2.       MID : Untuk mengambil sebagian teks atau karakter dari poisisi tertentu atau dari tengah sebuah teks dengan rumus  =MID(TEXT;START_NUM;NUM_CHARS).

Keterangan :

 -          MID: Nama fungsi Excel.

-          TEXT: Teks yang akan kita ambil sebagian kata atau karakternya

-          START_NUM : Awal Karakter / Posisi karakter pertama yang ingin kita ambil. Jika ingin mengambil dari karakter pertama sebuah teks maka Awal Karakter ini kita isi dengan nilai angka 1.

-          NUM_CHARS  : JumlahKarakter / Banyak karakter teks yang akan kita ambil sebagian kata atau hurufnya, dimulai dari Awal Karakter.

 

3.       RIGHT : Untuk mengambil sebagian teks atau beberapa karakter dari sebelah kanan teks dengan rumus =RIGHT(TEXT;[NUM_CHARS])

Keterangan :

-          RIGHT: Nama fungsi Excel.

-          TEXT :  Merupakan teks yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan.

-          NUM_CHARS : Jumlah karakter yang akan diambil dari arah kanan ke kiri.

Pada kesempatan ini akan kita bahas bagaimana menggabungkan kedua buah fungsi ini. Berikut Penjelasannya :

1.       Fungsi IF dengan LEFT

Teks pada kolom ID MAHASISWA 102014106314  dua karakter dari sebelah kiri (wana merah) diambil untuk menentukan jalur masuk yaitu :

Oleh Karena ada 2 buah kode yaitu 10 dan 11 maka digunakan IF untuk menentukan kondisi dimana

 

KODE

JALUR MASUK

10

REGULER

11

MANDIRI

Selain itu

TIDAK DITEMUKAN


VALUE berfungsi untuk konversi hasil fungsi LEFT yang berupa teks ke tipe data Numerik.

IFERROR merupakan salah satu fungsi Excell yang digunakan untuk menghasilkan sebua nilai error Jika nilai yang dihasilkan error akan tampil “DATA HARUS ANGKA”.

2.  Fungsi IF dengan MID

Untuk menentukan PRODI diambil 1 karakter ditengah yaitu karakter ke-7 dari arah kiri dengan angka berwanan orange 102014106314, dengan ketentuan sebagai berikut :

KODE

PRODI

1

S1-SISTEM INFORMASI

2

S1-SISTEM KOMPUTER

3

S1-AKUNTANSI

4

S1-AKUNTANSI

5

S-1 TEKNIK SIPIL

Selain itu

TIDAK COCOK


VALUE berfungsi untuk konversi hasil fungsi MID yang berupa teks ke tipe data Numerik.

IFERROR merupakan salah satu fungsi Excell yang digunakan untuk menghasilkan sebua nilai error Jika nilai yang dihasilkan error akan tampil “DATA HARUS ANGKA”.

3. Fungsi IF dengan RIGHT

Untuk menentukan ASAL SEKOLAH diambil 1 karakter dari sebelah kanan teks yaitu angka berwarna coklat 102014106314, dengan ketentuan sebagai berikut :

KODE

ASAL SEKOLAH

1

SMA KNOWLEDGE

2

SMA MILLENNIAL

3

SMK KNOWLEDGE

4

SMK MILLENNIAL

Selain itu

ERROR


VALUE berfungsi untuk konversi hasil fungsi RIGHT yang berupa teks ke tipe data Numerik.

IFERROR merupakan salah satu fungsi Excell yang digunakan untuk menghasilkan sebua nilai error Jika nilai yang dihasilkan error akan tampil “DATA HARUS ANGKA”.

 

Pada penggunaan fungsi IF yang digabung dengan fungsi LEFT, MID dan RIGHT ini menggunakan langsung data yang ditanam didalam Rums Excell tadi, jadi kita tidak membutuhkan tabel referensi.

Demikianlah penjelasan mengenai gabungan Fungsi IF dengan fungsi LEFT, MID dan RIGHT. Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan file excellnya bisa download melalui link di bawah ini.

File EXCELL : DOWNLOAD 

Tuorial Video Melalui : YOUTUBE

 


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menggunakan "TEXT TO COLUMNS" di EXCEL

  Text to Columns pada excel MERUPAKAN sebuah fitur yang digunakan untuk membagi atau memisahkan isi sebuah sel menjadi 2 kolom atau lebih ...